Share This Post

ASEAN / Kepnas / Pariwisata

Keberhasilan Pembangunan Kota Bogor dengan Pemberdayaan Kearifan Wisata Lokalnya

Keberhasilan Pembangunan Kota Bogor dengan Pemberdayaan Kearifan Wisata Lokalnya

Sebagai orang Bogor sangat bangga dengan beberapa prestasi pembangunan yang telah dicapai kota Bogor, prestasi tersebut merupakan capaian dari Rencana Kerja Bapak Walikota. “Ketercapaian pembangunan kota bogor yang dilaksanakan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menjadi pembuktian bagi keseriusan pemerintah Kota Bogor dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Seperti terbukti dengan kita dapat melihat dan merasakannya  sebagai berikut:

Pembangunan infrastruktur wilayah, salah satu pencapaian penting. Seperti dapat kita lihat penambahan  pembangunan jalan baru meningkatkan kondisi jalan, baik terkait penyediaan infrastruktur di lingkungan bogor, pelaksanaan yang telah melakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni serta betonisasi jalan lingkungan sepanjang di wilayah Bogor. “Di bidang peningkatan kualitas dan akses pendidikan masyarakat, terlihatnya peningkatan mutu dan daya tampung sarana/ prasarana pendidikan melalui kegiatan rehabilitasi tempat dan sarana pendidikan, peningkatan mutu dan akses pelayanan kesehatan, Kota Bogor memperluas akses rujukan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan rumah sakit pemerintah lainnya, serta pelaksanaan program jaminan kesehatan masayrakat”.

Dari sisi ketahanan pangan, Bogor mampu meningkatkan tingkat kecukupan kebutuhan untuk ketahanan  pangan masyarakat. Yang terpenting adalah peningkatan profesionalisme aparatur dan kinerja penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini terlihat dari meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), seperti pelayanan di Puskemas yang baik, pelayanan kantor desa dalam pengurusan KTP, Kartu Keluarga, dan lain lain.

Peningkatan kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat. Salah satu pencapaian penting kota bogor pada prioritas ini adalah penurunan jumlah penduduk miskin dari total penduduk kota bogor.

Terakhir penanganan bencana dan pengendalian kualitas lingkungan hidup.  Waktu tanggap daerah layanan wilayah manajemen kebakaran dan terbantunya korban bencana alam.

Kearipan Wisata Lokal di Bogor

  1. Istana Bogor

Ingin melihat seperti apa tempat tinggal Presiden? Datang ke Istana Bogor, dimana Anda bisa berjalan-jalan berombongan dengan izin dari Sekretaris Negara, c.q. Kepala Rumah Tangga Kepresidenan, menikmati keindahan salah satu tempat wisata di Bogor ini sambil memberi makan langsung rusa-rusa dari Nepal. Tempat wisata ini juga merupakan tempat para petani lokal menjajakan wortel-wortel dari kebunnya untuk bisa Anda beli sebagai pakan rusa.

  1. Kebun Raya Bogor

Ada yang belum pernah dengar tempat wisata di Bogor yang satu ini? Saya ragu. Objek wisata di Bogor yang paling terkenal ini memang kebun botani yang amat terkenal. Ada sekitar 15.000 koleksi tumbuhan dan pohon di area seluas 87 hektar. Dijamin pengetahuan flora Anda akan terpuaskan di Kebun Raya Bogor ini. salah satu yang paling menarik perhatian adalah keberadaan bunga bangkai (Amorphophalus titanum) yang sesuai namanya, mengeluarkan bau yang amat menyengat ketika akan mekar. Ada juga pohon kelapa dengan usia paling tua se Asia Tenggara, masih terawat dengan baik sampai sekarang.

3. Taman Safari Indonesia

Taman ini termasuk tempat wisata di Bogor taman safari. Biasanya juga disebut Taman Safari Bogor. Taman di Bogor ini sering mendapatkan penghargaan oleh karena pengelolaannya yang baik dan terus menjaga kepuasan pengunjung. Antar lain, Satyalencana Pembangunan Award, Best Indonesia Travel and Tourism Award, Sapta Pesona Award, Indonesia Green Award, dan Lembaga Konservasi Terbaik. Ini adalah merupakan tempat untuk Anda merasakan berkeliling taman yang dipenuhi oleh satwa-satwa menawan dan bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Anda bisa benar-benar melihat hewan-hewan lucu dan menarik itu dari jarak yang sangat dekat, dan bisa sambil Anda kasih makan dari makanan yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Anda bisa menaiki bus yang disediakan pengelola atau menaiki kendaraan pribadi.

4. Museum Zoologi Bogor

Tempat wisata di Bogor yang satu ini lekat dengan citra membosankan, sebab museum selalu berkaitan dengan benda-benda bersejarah. Namun benda bersejarah di Museum Zoologi Bogor ini dijamin akan membuat Anda tertarik untuk menikmatinya sampai habis. Jika museum lain menyediakan benda-benda bersejarah, di Museum Zoologi ini Anda akan emnemukan banyak jenis hewan yang diawetkan. Koleksi satwa yang ada di museum ini banyak sekali, mulai dari satwa yang biasa Anda kenal maupun satwa yang belum Anda lihat, entah karena tidak ada di koleksi kebun binatang, ada di habitat yang jauh dari tempat Anda, maupun satwa tersebut memang sudah punah.

5. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Anda pastinya gampang lelah setelah menempuh perjalanan panjang menuju Bogor, atau sehabis berjalan-jalan di area wisata Bogor. Nah, untuk melepas lelah sebelum menuju ke tempat Anda menginap, alangkah baiknya jika Anda menyegarkan diri dulu di tempat wisata di Bogor bernama Pemandian Air Panas Tirta Sanita di daerah Ciseeng, Bogor. Pemandian air panas ini memang kurang terkenal dibanding tempat wisata lain di Bogor, namun soal kenyamanan tempat dan kepuasan, berkunjung kesini tak ada ruginya sama sekali. Anda hanya perlu berkendara selama 40 menit keluar dari tol Serpong, Tangerang.

6. Kampung Sindang Barang

Objek wisata yang terdapat di Jawa Barat banyak yang berbasis budaya. Dalam arti di tempat tersbut Anda diajak mengenal budaya lokal setempat sebagai pengetahuan Anda pun sebagai hiburan yang tak Anda dapatkan di tempat lain. Di salah satu tempat wisata di Bogor ada juga kawasan wisata yang demikian, namanya Kampung Sindang Barang. Kampung wisata ini sangat tepat disebut sebagai kampung adat. Pasalnya, warga di kampung ini masih memegang teguh tradisi dan budaya yang secara turun temurun diwariakan dari generasi ke generasi. Menyempatkan diri sebentar ke Kampung Sindang Barang seakan Anda menemukan lagi jejak kebudayaan asli Sunda yang sudah mulai menghilang. Tak hanya itu, di kawasan kampung juga Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah dengan uadra sejuk khas pegunungan sebab letak Kampung Sindang Barang memang berada di kaku Gunung Salak.

7. Taman Wisata Mekarsari

Tempat wisata di Bogor ini barangkali yang terkanal dan sejak beberapa tahun terakhir dianggap sebagai ikon baru wisata di Bogor. Letak Taman Wisata Mekarsari ada di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jonggol adalah tempat petokan yang bisa Anda tuju untuk mempermudah akses ke Taman Mekarsari entah Anda berangkat dari Jakarta, Bekasi, maupun Bogor. Di ikon tempat wisata di Bogor ini sebenarnya adalah tempat untuk melestarikan kekayaan hayati Indoensia khususnya buah-buahan tropis. Unutk tempat dengan tipe yang sama, Taman Buah Mekarsari masih yang terbesar di dunia. Buah-buahan jenis unggul di seluruh Indonesia terkumpul di Taman Mekarsari. Tempat ini juga berfungsis sebagai tempat penelitian permuliaan/breeding dan budidaya atau agronomi, pun memperbanyak bibit unggul sebelum akhirnya disebarluaskan ke masyarakat umum.

8. Situ Gede Bogor

Situ adalah penyebutan lain untuk danau kecil. Situ juga bersinonim dengan telaga. Di beberapa tempat di Indonesia, situ memiliki sejarah dan legendanya sendiri yang membuat keberadaannya selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata yang berbentuk situ dan cukuo terkenal adalah Situ Gede. Untuk menuju kesini Anda harus mencapai keluahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Tempat wisata di Bogor masuk ke kawasan hutan yang digunakan sebagai hutan penelitian oleh Badan Litbang Kehutanan. Badan ini masuk sebagai bagian dari Departemen Kehutanan. Maka di sekitar danau juga terdapat Center for International Foresty Research atau CIFOR, dan lembaga penelitian lain.

9. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk Anda yang suka dengan suasana hutan dan ingin menemui beragam jenis flora dan fauna unik, datang lah ke tempat wisata di Bogor berbasis hutan nasional ini. Taman Nasional Hutan Pangrango adalah satu dari sekian banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat. Luas tepatnya adalah 21. 975 hektare. Tujuan utama dibuatnya hutan nasional ini adalah untuk menjaga konservsi flora khas pegunungan yang menawan beserta ekosistemnya yang penting untuk kehidupan sekitar. Usia taman nasional ini salah satu yang paling tua, yaitu diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango. Mencangkup juga tutupan hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung tersebut.

10. Wisata Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah sebuah taman wisata yang berada di kawasan Puncak Bogor. Kawasan puncak barangkali kawasan dataran tinggi yang paling terkenal di Indonesia. Di tempat ini banyak terdapat tempat wisata berbasis alam dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Banyak juga ditemui villa dan penginapan untuk Anda sekeluarga menginap. Tempat wisata di Bogor ini juga berada pada kawasan yang demikian, sehingga amat sangat cocok untuk Anda melepas lelah dan mengumpulkan tenaga lagi sebelum balik ke rutinitas kerja di kantor. Jika ingin menemui Taman Wisata Riung Bogor, susuri saja jalan menuju Puncak, maka Anda akan segera menemuinya sebab letak tempat wisata di Bogor yang murah amat mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Puncak.

 

Share This Post

2 Comments

  1. Foto Profil dari Novairi Husaini

    bogor, objek wisatanya bagus-bagus dan indah.

    • Foto Profil dari eddi junaedi

      datang lah…bogor kota jika malam menjadi kota romantis karena banyak taman peranginan

Leave a Reply